Sabtu, 27 September 2014

Asal usul suku Toraja

Hai para pembaca yang terhormat….
Salam kenal ya….
Blog ini merupakan blog baru saya jadi maklum saja kalau banyak terdapat kesalahan dalam penulisan di dalamnya. Ya namanya juga masih amatiran
Ok lanjut saja hari ini saya ingin menulis tentang Asal usul suku Toraja yang tidak lain adalah suku saya sendiri hehehehe

SUKU TORAJA…..
Suku Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Populasinya diperkirakan sekitar 1 juta jiwa, dengan sekitar 500.000 di antaranya masih tinggal di Kabupaten Tana Toraja,Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Mamasa. Mayoritas suku Toraja memeluk agama Kristen, sementara sebagian menganut Islam dan kepercayaan animisme yang dikenal sebagai Aluk To Dolo.
Mmmmmm nenekku masih meluk agama ini, tapi anak-anak dan cucu-cucunya udah nggaklah termasuk saya, kami udah nganut agama Kristen. Dan sekarang kepercayaan ini udah masuk dalam bagian dari Agama Hindu Dharma.
Nah pada awal tahun 1990 an misionaris Belanda datang dan menyebarkan agama Kristen. Setelah semakin terbuka kepada dunia luar pada tahun 1970-an, kabupaten Tana Toraja menjadi lambang pariwisata Indonesia. Tana Toraja dimanfaatkan oleh pengembang pariwisata dan dipelajari oleh antropolog. Masyarakat Toraja sejak tahun 1990-an mengalami transformasi budaya, dari masyarakat berkepercayaan tradisional dan agraris, menjadi masyarakat yang mayoritas beragama Kristen dan mengandalkan sektor pariwisata yang terus meningkat.
Wah semakin bangga saya menjadi suku Toraja…ye ye……..
Kata toraja berasal dari bahasa Bugis, to riaja, yang berarti "orang yang berdiam di negeri atas". Pemerintah kolonial Belanda menamai suku ini Toraja pada tahun 1909. Suku Toraja terkenal akan ritual pemakaman, rumah adat tongkonan dan ukiran kayunya. Ritual pemakaman Toraja merupakan peristiwa sosial yang penting, biasanya dihadiri oleh ratusan orang dan berlangsung selama beberapa hari.
Yup betul bingittsss kayak nenekku tuh udah setahun yang lalu meninggal baru mo upacarakan November tahun ini. Ckckckckc huufffttt.


Next… pembaca terusin bacanya ya,,,,semakin seru nich…..
Leluhur suku Toraja
Konon, leluhur orang Toraja adalah manusia yang berasal dari nirwana, mitos yang tetap melegenda turun temurun hingga kini secara lisan di kalangan masyarakat Toraja ini menceritakan bahwa nenek moyang masyarakat Toraja yang pertama menggunakan "tangga dari langit" untuk turun dari nirwana, yang kemudian berfungsi sebagai media komunikasi dengan Puang Matua (Tuhan Yang Maha Kuasa).
Lain lagi versi dari DR. C. CYRUT seorang antropolog, dalam penelitiannya menuturkan bahwa masyarakat Tana Toraja merupakan hasil dari proses akulturasi antara penduduk (lokal/pribumi) yang mendiami daratan Sulawesi Selatan dengan pendatang yang notabene adalah imigran dari Teluk Tongkin (daratan Cina). Proses akulturasi antara kedua masyarakat tersebut berawal dari berlabuhnya imigran Indo Cina dengan jumlah yang cukup banyak di sekitar hulu sungai yang diperkirakan lokasinya di daerah Enrekang, kemudian para imigran ini membangun pemukimannya di daerah tersebut.
Itulah secara singkat saya tuliskan mengenai asal usul suku toraja. Namun suku toraja juga dikenal sebagai suku perantau seperti suku bugis, manado dan jawa. Yang sekarang tersebar diseluruh indonesia termasuk saya dan keluargaku yang sekarang menetap di sulawesi tengah.
O h iya mm persekutuan orang Toraja juga sangat kuat loh, disetiap daerah yang ada orang torajanya pasti ada yang namanya KKT atau kerukunan keluarga Toraja. Juga kami sebagai orang toraja yang sebagian besar beragama Kristen Protestan kami punya sinode Gereja Toraja atau yang akrab di sebut GETOR. Seperti gereja gereja Batak yang disebut HKBP dan gereja Manado GMIM. Gitu pembaca…….ok berikut  dibawah ini saya post gambar gambar mengenai Toraja.

foto disamping merupakan foto upacara pemakaman yang lebih dikenal dengan nama Rambu’ Solo
kalau yang ini……
ini namanya tedong bonga harganya wowww fantastic, bisa buat beli mobil toyota yaris kali ye,,,hehehe



ini gadis Toraja lagi menari namanya Ma’gellu
ini dalam busana adat toraja hitam karena menarinya di acara pemakaman.




kalau ini fotonya sepupuku waktu di upacara pemakaman neneknya hehehehe…
Ok para pembaca cukup sekian dulu ya infonya tentang suku toraja…
Thanks for reading…God Bless



Tidak ada komentar:

Posting Komentar